5.000 Kalung Sehat Dipasang Diskanak Kuningan Sebagai Penandan Hewan Kurban Sehat

5.000 hewan kurban untuk Hari Raya Idul Adha 1445 H di Kuningan sudah diperiksa kondisi kesehatannya telah diberi kalung sehat.
5.000 hewan kurban untuk Hari Raya Idul Adha 1445 H di Kuningan sudah diperiksa kondisi kesehatannya telah diberi kalung sehat.

DIALEKTIKA — Pemerintah Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, melalui Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) memasang 5.000 kalung sehat untuk menunjukkan bahwa hewan kurban di wilayah itu layak makan dan tidak memiliki penyakit menular sebelum dijual.

Pj Bupati Kuningan, Rd. Iip Hidajat, menyatakan bahwa di Kabupaten Kuningan, Kamis 13 Juni 2024, hewan kurban untuk Hari Raya Idul Adha 1445 H yang sudah diperiksa kondisi kesehatannya telah diberi kalung sehat.

“Hewan kurban akan disematkan kalung sehat sebagai simbol bahwa hewan tersebut layak menjadi hewan kurban dan dikonsumsi setelah melewati cek kesehatan dari dokter hewan,” kata Iip.

Dia menyatakan bahwa hewan ternak terus diperiksa untuk kesehatan dan kondisi fisik sebelum Idul Adha 1445 H, meskipun mereka sudah memakai kalung.

Menurutnya, “Kita ingin memastikan kesehatan hewan kurban di Kuningan terjaga, kita waspadai adanya penyakit hewan menular.”

Sementara itu, Wawan Setiawan selaku Kepala Diskanak Kabupaten Kuningan, memastikan bahwa hewan kurban telah diperiksa baik di kandang maupun di pasar hewan yang tersebar di seluruh wilayah Kuningan.

“Kami pun sudah memastikan bahwa hewan kurban di Kuningan cukup, dengan kondisi sehat dan aman untuk dikonsumsi,” punkasnya.***

Baca juga berita-berita menarik Dialektika.id dengan klik Google News.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *