Info Harga Minyak Goreng : HET Minyakkita Bakal Naik Jadi Rp15.500 per Liter

Mendag Zulhas mengusulkan kenaikan harga eceran tertinggi (HET) minyak goreng rakyat, atau "Minyakita", menjadi Rp15.500 per liter.
Mendag Zulhas mengusulkan kenaikan harga eceran tertinggi (HET) minyak goreng rakyat, atau "Minyakita", menjadi Rp15.500 per liter.*

DIALEKTIKA — Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengusulkan kenaikan harga eceran tertinggi (HET) minyak goreng rakyat, atau “Minyakita”, menjadi Rp15.500 per liter.

Mendag Zulhas mengatakan pada Rabu, 19 Juni 2024, bahwa pihaknya mengusulkan kenaikan HET Minyakita sebesar Rp1.500 dari harga sebelumnya Rp14.000 per liter, sehingga harga minyak akan menjadi Rp15.500 per liter.

“Ini nanti kita mau rapatkan, nanti kita bicarakan kalau sudah disepakati, saya memang mengusulkan naiknya Rp1.500,” kata Mendag.

Mendag menyatakan bahwaHET Minyakita harus dinaikkan. Perubahan ini dilakukan setelah nilai tukar Rupiah melebihi Rp16.000.

Mendag menyatakan bahwa harga ekspor dapat berubah jauh jika tidak disesuaikan, karena harganya sebelumnya hanya Rp14.500 tetapi sekarang sudah naik menjadi Rp16.000. Kami akan mengalami penurunan yang lebih besar sebagai akibatnya.

Selain itu, Mendag, atau Zulhas, menyatakan bahwa usulan kenaikan harga eceran tertinggi Minyakita disesuaikan dengan kenaikan harga bahan pokok lainnya, seperti beras. Menurut Zulhas, harga beras akan naik Rp1.600 karena harga beras premium turun dari Rp10.900/kg menjadi Rp12.500/kg.

Sebaliknya, dia menyatakan bahwa tidak ada rencana untuk mengubah undang-undang tanggung jawab pasar domestik (DMO) untuk bahan baku minyak goreng domestik.

Namun, dengan kenaikan harga Minyakita dari Rp14.000 menjadi Rp15.500, dianggap masih lebih murah daripada minyak goreng kemasan premium. Namun, Zulhas tidak memberikan informasi lebih lanjut tentang harga minyak goreng premium.

Zulhas mengatakan, “Jadi, memang sudah saatnya (harga) Minyakita naik. Kalau minyak premium lebih mahal lagi (dari harga Minyakita).”

Mendag menambahkan bahwa dia tidak menyebutkan tanggal penetapan HET Minyakkita karena usulan kenaikan harga masih dalam proses persetujuan.***

Baca juga berita-berita menarik Dialektika.id dengan klik Google News.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *