Haru Biru Perayaan Persib Juara BRI Liga 1, Bergelora di Seluruh Bandung, Tua, Muda, Hingga Anak-anak Bahagia Luar Biasa

Puncak perayaan Persib Juara Liga 1 Champhionship Series 2023-2024 sangat luar biasa. Seluruh Kota Bandung membiru dipadati Bobotoh.
Puncak perayaan Persib Juara Liga 1 Champhionship Series 2023-2024 sangat luar biasa. Seluruh Kota Bandung membiru dipadati Bobotoh.*

DIALEKTIKA — Seluruh jalan di pusat Kota Bandung, Jawa Barat, dipenuhi dengan kembang api untuk menyambut tim kesayangan Persib Maung Bandung, yang baru saja menjadi Juara BRI Liga 1 musim 2023/2024.

Ratusan ribu Bobotoh se-Jawa Barat terutama warga Kota Bandung, mengenakan atribut berwarna biru, menyemut di jalan-jalan yang dilalui pawai Persib dari Gerbang Tol Pasteur menuju Gedung Sate pada Sabtu, 1 Juni 2024 siang.

Rombongan Persib berangkat dari gerbang Gerbang Tol Pasteur melalui Jalan Hos Cokroaminoto, Pajajaran, Wastukancana, Merdeka, L.L.R.E. Martadiana (Riau), Banda, dan Gedung Sate, Kota Bandung, Jawa Barat.

Semua aksi pawai Persib Bandung disiarkan secara langsung melalui streaming live di kanal YouTube PERSIB TV.

Selain bekerja sama dengan pemerintah daerah, mitra Persib Bandung, termasuk Kopi ABC, Intersport by Pria Punya Selera, Indofood, Indomie, Panther, Aladin, Vidio, Socios, ID Express, Adakami, dan Royal Sports, mendukung penuh pawai Persib Juara Liga 1.

Selama perjalanan, rombongan Persib yang terdiri dari lima bus Bandros disambut dengan sukacita oleh Bobotoh dan warga Kota Bandung, yang terus mengelu-elukan tim yang mereka banggakan itu. Di sepanjang perjalanan, Bobotoh dan warga berteriak, “Juara, juara, juara.”

Meskipun mereka lelah setelah perjalanan dari Surabaya, para pemain, pelatih, dan seluruh ofisial tim tampak bergembira saat turun dari bus Bandros. Mereka menyapa seluruh Bobotoh Persib dan warga kota yang menyambut mereka.

Rombongan bus Bandros Persib berjalan lambat berkeliling kota sebelum menuju Gedung Sate di Kota Bandung, karena banyak warga yang memadati jalan yang dilalui pawai.

Untuk menyambut kedatangan rombongan bus Bandros yang membawa para pemain Persib, ribuan warga kota, termasuk Fadil Irawan, Bobotoh asal Tamansari yang akrab disapa Pak Iwan, memadati Jalan HOS Cokroaminoto dekat Gerbang Tol Pasteur.

Iwan, yang dengan bangga menunjukkan jersey Persib, menyatakan, “Suasananya luar biasa meriah dengan nyanyian dan teriakan menyambut kedatangan para juara.”

Setelah rombongan Persib tiba, Bobotoh langsung mengelu-elukan mereka dan meneriakan, “Hidup PERSIB!” dan “Juara!”. Iwan dan semua Bobotoh lainnya juga menangis bahagia. Iwan berkata dengan mata berkaca-kaca menahan haru, “Semua warga Bandung seperti larut dalam kemeriahan kemenangan tim kebanggan kami.”

Sepanjang perjalanan, jalan-jalan dipenuhi dengan lautan Bobotoh biru. Orang-orang di Bandung tampaknya mendukung Persib dengan mengenakan pakaian berwarna biru, seperti jersey, syal, topi, bahkan boneka maskot raksasa. Kembang api, flare, dan kemeriahan pawai menambah pesta rakyat. 

Di banyak persimpangan, ada spanduk dan banner besar yang mengucapkan selamat kepada Persib. Salah satunya bertuliskan “The Champion is Back!” dengan tulisan raksasa, menunjukkan bahwa mahkota juara telah kembali ke Kota Bandung.

Pak Iwan dengan semangat membara menyimpulkan, “Insya Allah, dengan dukungan Bobotoh yang luar biasa seperti hari ini, saya yakin Persib akan terus berprestasi dan mengharumkan nama Kota Bandung.” Dia melambai-lambaikan syal Persib.

Persib juga meminta maaf kepada warga Kota Bandung atas kemacetan di beberapa jalan. Ribuan Bobotoh dan warga kota sudah berjubel di depan Gedung Sate menunggu rombongan Persib sambil menikmati penampilan band.

Jersey Persib Bersejarah

Kapten tim Persib, Marc Klok mengumumkan pada Sabtu, 1 Juni 2024 bahwa seluruh pemain yang berpartisipasi dalam Class of Champions 2023/2024 dan memakai jersey yang dipakainya pada pertandingan final Liga 1 2023/2024 akan diberikan kepada Bobotoh.

Klok menyatakan, “Untuk merayakan kemenangan musim ini, kami akan mendonasikan jersey juara 2023/2024 untuk dilelang ke Bobotoh. Jersey ini menemani kami selama satu musim dan sebuah bagian sejarah yang sentimental dan penting dari kami untuk kalian.”

Menurut pemain naturalisasi Belanda ini, para pemain harus mewariskan memorabilia unik ini karena mereka menyadari bahwa dukungan Bobotoh sangat penting untuk keberhasilan PERSIB menjadi juara. Klok menekankan bahwa semua orang adalah bagian dari kemenangan ini.

Menurut Klok, Bobotoh memiliki warisan dan telah menjadi bagian dari sejarah Persib karena mereka telah tanda tangani jersey Match Worn yang langka.

Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah mendukung momen bersejarah ini. Klok menyatakan, “Kami berharap pemilik jersey selanjutnya akan merawat untuk orang selanjutnya secara turun-temurun.”

Menurut Sandy Tantra, direktur bisnis PT PERSIB Bandung Bermartabat, Bobotoh dapat mengikuti lelang PERSIB Match Worn Jersey melalui PERSIBApp.

Jersey ini sangat sentimental. Kami berharap pemilik seterusnya akan mempertahankan memorabilia unik ini karena merupakan bagian penting dari Persib Class of Champion 2023/2024.

Sebagai tambahan, Sandy menyatakan bahwa sebagian dari hasil lelang PERSIB Match Worn Jersey akan didonasikan kepada organisasi atau badan amal yang sah.***

Baca juga berita-berita menarik Dialektika.id dengan klik Google News.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *