DIALEKTIKA — Menjalankan POJK No. 22 tahun 2023 tentang Perlindungan Konsumen dan Masyarakat pada Sektor Jasa Keuangan, Bank Kuningan kembali melakukan literasi keuangan pada semester pertama di Gedung Student Center Universitas Kuningan (Uniku), Selasa, 4 Juni 2024.
Diketahui, regulasi tersebut mengatur pelaku usaha jasa keuangan (PUJK) diharuskan untuk melakukan literasi keuangan terhadap masyarakat dengan tujuan meningkatkan pengetahuan mereka tentang keuangan.
Dan, kegiatan literasi keuangan harus direncanakan setiap tahun dan dilakukan paling sedikit satu kali setiap semester atau dua kali setahun.
Kegiatan literasi keuangan tersebut dihadiri oleh Rektor Universitas Kuningan Dr. H. Dikdik Harjadi, SE.M.Si, Direktur Utama Bank Kuningan H. Dodo Warda, SE., Direktur yang membawahkan Fungsi Kepatuhan Deni Heryana, S.Sos, Kepala Cabang Bank Utama Arief Komara, SE, Kepala Cabang Mandirancan H.Muhamad, SE, Tim Marketing dari Kantor Pusat dan Tim Marketing dari Cabang Utama, Kadugede dan Mandirancan, serta Siswa/Siswi di Wilayah Kabupaten Kuningan yang didampingi Pembina atau Guru Pendampingnya.
Dalam sambutan, Rektor Uniku menjelaskan sejarah berdirinya Universitas Kuningan dan bagaimana kerjasama dengan Bank Kuningan telah menghasilkan manfaat dalam beberapa tahun terakhir. Dia juga menekankan pentingnya pengetahuan keuangan bagi pelajar.
Dia juga menyatakan bahwa Bank Kuningan didirikan dan dibesarkan oleh masyarakat Kabupeten Kuningan, “jadi masyarakat Kuningan harus mengenal dan membesarkan Bank Milik Urang Kuningan ini, sehingga para pelajar dapat belajar mengatur keuangannya,” ujarnya.
Sementara Direktur Bank Kuningan menyatakan bahwa dia bangga karena Bank Kuninganan telah ditugaskan oleh Pemerintah Daerah untuk terus berkontribusi sebagai mitra Pemerintah Daerah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Kabupaten Kuningan.
“Salah satu implementasinya adalah dengan meningkatkan pengetahuan sektor pendidikan/pelajar tentang merencanakan dan menata keuangan sejak dini, diharapkan dengan kegiatan ini para pelajar dapat mengatur dan menggunkan keuangan dengan bijak demi masa depan yang lebih baik,” katanya.
Dodo juga menyatakan bahwa dirinya bangga dapat menjadi bagian dari Bank Kuningan dengan amanah dari pemerintah daerah Kabupaten Kuningan, dan dia berharap dapat memberikan manfaat kepada semua orang di Kabupaten Kuningan.
Pada Kegiatan Literasi Keuangan tersebut diawali dengan Pre-test sebelum diisi oleh pemateri yakni Deni Heryana S.SOS sebagai Direktur Yang Membawahkan Fungsi Kepatuhan dan Heri Nuraripin, S.Kom Sebagai Mareketing Bank Kuningan, dan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman atas materi yang sudah disampaikan maka diadakan lagi Post-Test.***
Baca juga berita-berita menarik Dialektika.id dengan klik Google News.