Tingkatkan Produktivitas Masyarakat, KKN UAD Unit V.C.1 Adakan Pelatihan UMKM

Mahasiswa KKN UAD Unit V.C.1 saat tengah memberikan pelatihan UMKM pembuatan kue kepada masyarakat Dukuh Klajuran, Tanjungharjo, Nanggulan, Kulonprogo, Yogyakarta.*
Mahasiswa KKN UAD Unit V.C.1 saat tengah memberikan pelatihan UMKM pembuatan kue kepada masyarakat Dukuh Klajuran, Tanjungharjo, Nanggulan, Kulonprogo, Yogyakarta.*

DIALEKTIKA— Serbagai upaya meningkatkan produktivitas masyarakat, mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta mengadakan pelatihan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pada Kamis, 31 Agustus 2023.

Para mahasiswa UAD Yogyakarta yang berjumlah 9 orang tersebut, saat ini tengah melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler di Pedukuhan Klajuran, Tanjungharjo, Nanggulan, Kulonprogo dan tergabung kedalam kelompok Unit V.C.1 periode ke-111.

Pada pelatihan UMKM ini, masyarakat mendapat pelatihan tentang bagaimana cara mengolah kue choco crunch yang kerap kali hanya disantap pada saat sarapan atau dijadikan cemilan ringan.

Berkat kreativitas mahasiswa KKN UAD Unit V.C.1, memunculkan satu inovasi terbaru bernama kue chocho crunch chocolate yang merupakan hasil modifikasi chocho crunch sebagai bahan utamanya.

Pemateri pelatihan UMKM Resti Erliani yang juga salah satu Anggota KKN Unit V.C.1 Pedukuhan Klajuran mengatakan, kue chocho crunch chocolate tentunya sangat cocok disajikan pada hari raya atau bahkan menjadi cemilan premium di rumah.

Menurutnya, selain upaya untuk merangkul masyarakat Pedukuhan Klajuran kegiatan pelatihan UMKM diharapkan dapat membuka peluang usaha dan menambah pengetahuan serta hard skill.

“Kegiatan Pelatihan UMKM adalah salah satu upaya inovasi baru untuk meningkatkan produktivitas kegiatan ibu-ibu dengan adanya pembuatan kue siap saji dari choco crunch di pedukuhan Klajuran dan diharapkan dapat memberikan pemahaman bagi Ibu-Ibu Pedukuhan Klajuran untuk menambah ilmu dan pengalaman bagaimana cara membuat kue simpel dan enak dari jajanan yang kita kenal sehari-hari.” Kata Resti.

Kehadiran program pelatihan UMKM oleh KKN UAD Unit V.C.1, mendapat respon positif dari masyarakat Pedukuhan Klajuran. Hal tersebut dibuktikan dengan kehadiran belasan masyarakat yang notabenya adalah ibu-ibu.

Martini yang merupakan istri Kepala Dukuh Klajuran mengucapkan rasa terimakasihnya terhadap mahasiswa KKN UAD.

Menurutnya, dengan kehadiran pelatihan UMKM tersebut dapat memberikan dorongan dan inovasi terbaru bagi ibu-ibu di Pedukuhan Klajuran.

“Terima kasih kepada Mahasiswa KKN UAD Klajuran yang sudah banyak membantu kami para Ibu-ibu dalam hal menunjang UMKM Pedukuhan Klajuran dengan diadakan pelatihan inovasi UMKM ini semoga para Ibu-ibu bisa lebih inovasi dalam membuat kue, khususnya dari cemilan choco crunch yang bisa dibuat menjadi kue,” Pungkasnya.***

Ikuti Berita Menarik Dialetika.id di Goggle News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *