DIALEKTIKA — Kini, GoTo dan TikTok secara resmi mengumumkan kerja sama strategis mereka, memasuki jagat pasar bisnis online Indonesia. Pengumuman ini akan memastikan kembalinya TikTok Shop di Indonesia, di mana dia berkolaborasi dengan UMKM.
Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia akan digabungkan di bawah PT Tokopedia, dengan TikTok mengambil alih pengendalian PT Tokopedia. PT Tokopedia juga akan mengelola dan mengoperasikan layanan belanja di aplikasi TikTok di Indonesia.
Sebagai bagian dari kemitraan, TikTok Shop berkomitmen untuk membantu Tokopedia dalam jangka panjang dengan menginvestasikan lebih dari US$1,5 miliar, atau setara Rp23,4 miliar.
Sangat penting untuk diingat bahwa kepemilikan GoTo di Tokopedia tidak akan terpengaruh oleh investasi ini.
Ada keuntungan dan dampak manfaat bagi UMKM?
Bahwa pelaku UMKM di Indonesia akan mendapatkan lebih banyak keuntungan dari kolaborasi ini.
Diharapkan GoTo sebagai mitra ekosistem Tokopedia akan mendapat manfaat dari pertumbuhan bisnis Tokopedia yang terintegrasi dengan TikTok Shop Indonesia.