Tina Wiryawati DPRD Jabar Fraksi Gerindra, di Ciamis Sosialisasikan Pentingnya Legalitas Produk UMKM

Hj. Tina Wiryawati, Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat kepada pengusaha Kabupaten Ciamis, sosialisasikan pentingnya legalitas produk UMKM.
Hj. Tina Wiryawati, Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat kepada pengusaha Kabupaten Ciamis, sosialisasikan pentingnya legalitas produk UMKM, Senin 25 Septemeber 2023.*

DIALEKTIKA — Hj. Tina Wiryawati, Anggota DPRD Provinsi Jabar memberikan pemahaman kepada masyarakat Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, khususnya para pelaku usaha mikro kecil menengah tentang pentingnya legalitas produk UMKM.

Tampak puluhan pelaku UMKM Ciamis menghadiri giat sosialisasi tentang pentingnya legalitas produk UMKM yang disampaikan politikus Gerindra ini di Aula Kantor Kecamatan Cijeungjing, pada Senin, 25 September 2023.

Tina Wiryawati mengemukakan tujuan dari sosialisasi ini adalah untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya legalitas produk UMKM.

Anggota Komisi 1 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat datang bersama Konsultan UMKM terkemuka Faisal Hasan Basri, dan Aktivis Penggerak Pendidikan dan Ekonomi Anah Nurhasanah, para pelaku UMKM memperoleh wawasan yang berharga tentang pentingnya legalitas produk untuk mengembangkan bisnis mereka.

Dalam sambutannya, Hj Tina Wiryawati menyatakan bahwa UMKM adalah tiangnya perekonomian, yang merupakan unsur penting dalam pembangunan. Selain itu, dia menekankan betapa pentingnya mematuhi peraturan dan perundang-undangan yang berkaitan dengan legalitas produk usaha kecil dan menengah (UMKM).

Selain itu, ia menjelaskan manfaat yang dapat diperoleh oleh usaha kecil dan menengah (UMKM) jika produk mereka dijual secara legal. Keuntungan ini termasuk peningkatan kepercayaan pelanggan dan akses pasar yang lebih luas.

“Penting bagi UMKM untuk memahami bahwa proses perizinan adalah langkah awal menuju kesuksesan,” kata Faisal Hasan Basri tentang proses perizinan. “Ini termasuk izin usaha, izin lingkungan, dan izin kesehatan yang harus diperhatikan dengan seksama,” kata Faisal Hasan Basri, seorang pelatih di Tina Wiryawati Center (TWC).

Selain itu, Faisal Hasan Basri menyatakan bahwa NIB adalah identifikasi resmi yang akan memberi Anda akses ke berbagai program dan layanan pemerintah. Ini adalah langkah penting untuk meningkatkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Dia menjelaskan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebagai peluang finansial yang tidak boleh dilewatkan oleh UMKM. KUR dapat membantu UMKM secara signifikan dalam mengembangkan usaha mereka dengan persyaratan yang jelas.

Selain itu, ia memberikan rekomendasi praktis kepada peserta tentang cara-cara yang dapat mereka lakukan untuk memastikan bahwa produk UMKM mereka memenuhi semua persyaratan hukum.

Gina Hayati, Kasie Perekenomian Kecamatan Cijeungjing, berharap acara sosialisasi ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik kepada UMKM tentang pentingnya legalitas produk dan berbagai proses yang harus mereka ikuti untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis mereka. Menurutnya, kesadaran akan legalitas semakin meningkat.

“Kami sekarang lebih memahami pentingnya legalitas produk. Ini akan membantu kami memperluas pasar dan meningkatkan kepercayaan pelanggan,” kata Pedagang Cimpring Ani saat sesi tanya jawab.***

Baca juga berita-berita menarik Dialektika.id dengan klik Google News.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *