Balai TNGC dan BPBD Godok Anggota Candradimuka SMAN 3 Kuningan

Anggota Candradimuka atau kelompok pecinta alam SMAN 3 Kuningan, Sabtu 19 Agustus 2023, mendapat pelatihan dari Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.
Anggota Candradimuka atau kelompok pecinta alam SMAN 3 Kuningan, Sabtu 19 Agustus 2023, mendapat pelatihan dari Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.*

DIALEKTIKA — Anggota Candradimuka atau kelompok pecinta alam SMAN 3 Kuningan, Sabtu 19 Agustus 2023, mendapat pelatihan dari Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Balai TNGC dan BPBD menggodok anggota Candradimuka SMAN 3 Kuningan dengan materi navigasi, mitigasi bencana, hingga sistem penanggulangan bencana di Kabupaten Kuningan.

Mulai dari bagaimana gambaran umum Kabupaten Kuningan meliputi jumlah populasi penduduk, luas wilayah, suhu, hingga tentang topografi.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kuningan, Indra Bayu menerangkan tentang jenis-jenis bencana yang mengancam di Kuningan, serta siklus penanggulangannya.

Disampaikannya, tujuan mitigasi bencana adalah untuk mengurangi risiko cidera dan korban jiwa, mengurangi kerusakan dan kerugian ekonomi, membantu meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat, serta sebagai pedoman bagi perencanaan pembangunan.

“Giat ini merupakan langkah dalam membentuk Satuan Pendidikan Aman Bencana sebagai satuan pendidikan (sekolah, madrasah dan lain-lain) yang menerapkan standar sarana dan prasarana serta budaya yang mampu melindungi warga sekolah dan lingkungan di sekitarnya dari bahaya bencana,” ungkap Ibe sapaan Kalak BPBD Kuningan.

“Mengapa penting? Karena penerapan Satuan Pendidikan Aman Bencana adalah salah satu bentuk dari pemenuhan hak setiap anak di Indonesia untuk memperoleh kehidupan yang aman dari bencana selama menempuh pendidikan di sekolah,” tukasnya.***

Baca juga berita-berita menarik Dialektika.id dengan klik Google News.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *