Puasa Muharram : Berikut Lafaz Niat Puasa Tasua dan Niat Puasa Asyura, Lengkap dengan Faedahnya

Bacaan niat Puasa Tasua dan niat Puasa Asyura di bulan Muharram, lengkap dengan pemaparan faedah dan keutamaan amalan sunnah Puasa Muharram.
Bacaan niat Puasa Tasua dan niat Puasa Asyura di bulan Muharram, lengkap dengan pemaparan faedah dan keutamaan amalan sunnah Puasa Muharram.* (Foto ilustrasi/Source: Pixabay)

Untuk puasa sunah, niat bisa Anda lakukan di siang hari sejauh belum makan, minum, dan hal-hal lain yang membatalkan puasa sejak subuh

Agar puasa Anda lebih afdhal, mendapatkan pahala lebih, Anda bisa melanjutkan dalam waktu seminggu penuh, yakni dengan puasa 11 Muharram. Dilanjutkan dengan puasa Ayyamul Bidih.

Adapun keutamaan dari puasa sunah ini:

1. Puasa Paling Utama

Puasa Asyura yaitu puasa yang dikerjakan pada bulan Muharram, serta puasa yang paling utama setelah puasa Ramadhan.
Sebagaimana Hadis Nabi Muhammad SAW:

Artinya: “Puasa paling utama setelah Ramadhan adalah (puasa bulan) Muharram dan shalat yang paling utama setelah shalat fardhu adalah shalat malam” (HR. Muslim)

2. Puasa yang sangat diutamakan Nabi Muhammad SAW

Puasa Asyura yaitu puasa yang sangat diutamakan Nabi Muhammad SAW serta diistimewa, sebagaimana keterangan berikut:

Artinya: Dari Ibnu Abbas radhiyallahu anhu ia berkata, saya tidak pernah melihat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memperhatikan puasa satu hari yang diutamakannya atas yang lainnya selain hari ini, hari asyura dan bulan Ramadhan. (HR. Bukhari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *