Menuju Pemilu 2024: Isu-isu Kritis yang Menggema dalam Masyarakat Indonesia

isu utama menjadi sorotan fokus utama masyarakat Indonesia dalam kontestasi politik Pemilu 2024 dan calon pemimpin diharapkan mengatasinya.
Dr (Cand) Aditya Hera Nurmoko, S.IP, M.M., (Dosen sekaligus Pengamat Ekonomi dari STIE YKP Yogyakarta, ADRI dan IALHI DIY Yogyakarta).*

Oleh: Dr (Cand) Aditya Hera Nurmoko, S.IP, M.M.

DIALEKTIKA (OPINI) — Pemilu 2024 semakin mendekat, dan masyarakat Indonesia tidak dapat mengabaikan pentingnya isu-isu kritis yang tengah berkembang. Survei terbaru dari beberapa media ternama, seperti Kompas, Tempo, CNN Indonesia, dan Detik, mengungkapkan lima isu utama yang akan menjadi sorotan dalam kontestasi politik mendatang. Dalam artikel ini, kami akan menyoroti dengan dalam, tajam, kritis, dan bijak mengenai isu-isu yang menjadi fokus utama masyarakat Indonesia dan bagaimana calon pemimpin diharapkan mengatasinya.

Berikut adalah tabel analisis isu kerakyatan dalam pemilu 2024 yang bisa dijadikan media untuk membaca isu kerakyatan dalam menuju pemilu 2024 :

IsuNama MediaBulan/TahunKeterangan
PerekonomianKompasFebruari 2023Kompas merilis hasil survei yang menunjukkan bahwa perekonomian menjadi isu utama yang akan dibahas dalam Pemilu 2024. Survei tersebut juga menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia menginginkan pemerintah untuk fokus pada pemulihan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja.
PendidikanTempoMaret 2023Tempo merilis hasil survei yang menunjukkan bahwa pendidikan menjadi isu kedua yang akan dibahas dalam Pemilu 2024. Survei tersebut juga menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia menginginkan pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan akses pendidikan bagi semua masyarakat.
KesehatanCNN IndonesiaApr-23CNN Indonesia merilis hasil survei yang menunjukkan bahwa kesehatan menjadi isu ketiga yang akan dibahas dalam Pemilu 2024. Survei tersebut juga menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia menginginkan pemerintah untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan dan akses layanan kesehatan bagi semua masyarakat.
KemiskinanDetikMei 2023Detik merilis hasil survei yang menunjukkan bahwa kemiskinan menjadi isu keempat yang akan dibahas dalam Pemilu 2024. Survei tersebut juga menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia menginginkan pemerintah untuk mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.
KorupsiCNBC IndonesiaJuni 2023CNBC Indonesia merilis hasil survei yang menunjukkan bahwa korupsi menjadi isu kelima yang akan dibahas dalam pemilu 2024. Survei tersebut juga menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia menginginkan pemerintah untuk memberantas korupsi dan menciptakan pemerintahan yang bersih.
Sumber: data yag diolah dari Kompas, Tempo, CNN Indonesia, detik, CNBC Indonesia

Perekonomian: Menghadapi Tantangan Pemulihan dan Penciptaan Lapangan Kerja

Isu perekonomian memuncaki daftar perhatian masyarakat Indonesia menurut survei Kompas. Dampak pandemi telah mengguncang fondasi ekonomi negara, dan pemulihan menjadi prioritas utama. Calon pemimpin harus memiliki rencana yang jelas dan konkret untuk mengatasi tantangan ekonomi, memulihkan pertumbuhan, dan menciptakan lapangan kerja bagi jutaan pencari kerja. Pertumbuhan inklusif dan berkelanjutan harus menjadi tujuan bersama demi menghadapi masa depan yang penuh ketidakpastian.

Pendidikan: Meningkatkan Kualitas dan Akses untuk Semua

Tulisan Tempo mengenai isu pendidikan menggarisbawahi betapa pentingnya meningkatkan kualitas pendidikan dan memberikan akses yang lebih baik untuk semua masyarakat. Calon pemimpin tidak bisa mengabaikan kenyataan bahwa investasi dalam pendidikan adalah investasi jangka panjang bagi kemajuan bangsa. Mereka harus memiliki visi yang jelas dalam meningkatkan infrastruktur pendidikan, pelatihan guru, dan kurikulum yang relevan agar generasi mendatang siap menghadapi tuntutan global.

Kesehatan: Meningkatkan Kualitas dan Akses Layanan Kesehatan

Survei CNN Indonesia menyoroti pentingnya isu kesehatan dalam Pemilu 2024. Pandemi COVID-19 telah menjadi ujian berat bagi sistem kesehatan Indonesia. Calon pemimpin harus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan, menghadapi masalah ketimpangan akses, dan memperkuat daya tanggap terhadap bencana kesehatan di masa mendatang. Investasi dalam penelitian dan pengembangan medis serta penguatan sistem kesehatan perlu menjadi prioritas guna melindungi keselamatan dan kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia.

Kemiskinan: Mengurangi Ketimpangan dan Meningkatkan Kesejahteraan

Detik menekankan pentingnya isu kemiskinan dan kesejahteraan dalam pemilu mendatang. Calon pemimpin harus menyadari bahwa kemiskinan bukan hanya masalah statistik, tetapi juga cerminan dari ketidakadilan sosial dan ekonomi. Diperlukan kebijakan yang tepat untuk mengurangi ketimpangan, memberikan bantuan sosial yang tepat sasaran, serta mendorong peluang ekonomi bagi seluruh lapisan masyarakat. Pemimpin yang bijaksana harus memprioritaskan upaya-upaya untuk memberdayakan rakyat dalam mengatasi kemiskinan.

Korupsi: Membangun Pemerintahan yang Bersih dan Transparan

Isu korupsi, seperti dilaporkan CNBC Indonesia, tetap menjadi perhatian masyarakat. Korupsi bukan hanya menggerus kepercayaan publik terhadap pemerintah, tetapi juga menghalangi pertumbuhan ekonomi dan pembangunan yang berkelanjutan. Calon pemimpin harus berkomitmen untuk menghadapi korupsi dengan tindakan tegas dan transparan, memperkuat sistem pengawasan, dan memastikan akuntabilitas di semua tingkatan pemerintahan.

Kesimpulan

Mendekati Pemilu 2024, masyarakat Indonesia menyoroti lima isu utama yang menjadi perhatian mendesak. Perekonomian, pendidikan, kesehatan, kemiskinan, dan korupsi adalah persoalan yang tidak dapat diabaikan oleh calon pemimpin. Perjuangan mengatasi tantangan ini memerlukan pemimpin yang berwawasan luas, bertindak tegas, dan bijaksana dalam pengambilan keputusan. Dalam konteks ini, harapan masyarakat Indonesia adalah melihat pemimpin yang mampu mengemban amanah kepemimpinan dengan komitmen dan integritas untuk mencapai kemajuan yang berkelanjutan bagi negara dan rakyat.***

Disclaimer:

Artikel Opini / Kolom Pakar / Materi Perkuliahan merupakan murni buah pemikiran / hasil riset penulis. Dialektika.id tidak bertanggungjawab atas copyrights dan bilamana terjadi sesuatu hal.***

Baca juga berita-berita menarik Dialektika.id dengan klik Google News.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *