Luar Biasa Saka Pariwisata Duta Pramuka Kuningan Disebut Disporapar Pelopor Kemandirian Milenial

DIALEKTIKA — Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disporapar) Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, menggelar turnamen futsal antar siswa SMP dan SMA, bertajuk SAKPAR CUP 2023.

Adapun peserta turnamen futsal SAKPAR CUP 2023 terdiri dari 16 tim tingkat SMP/MTs dan 16 tim tingkat SMA/SMK yang merupakan anggota Saka Pariwisata dari Duta Pramuka Kabupaten Kuningan, dengan sistem round robin.

Sebelum laga perdana turnamen futsal SAKPAR CUP 2023 dibuka, Jumat 28 Juli 2023, Kepala Disporapar Kabupaten Kuningan, Dr. H. Toto Toharudin, M.Pd., serta mendapat support dari tokoh pendidikan Kuningan Ade Kadarisman yang adalah akademisi Universitas Padjadjaran (UNPAD) Bandung.

“SAKPAR CUP 2023 even yang diinisiasi oleh Duta Pramuka Pariwisata Kabupaten Kuningan. Satu hal patut diapresiasi, kehadirannya merupakan pelopor di Jawa Barat. Terlebih anggota Saka Pariwisata dalam operasional kegiatannya mampu mandiri atau swadaya tanpa mendapat hibah dari pemerintah. Mereka bisa mencari donatur hingga sponsor sendiri. Sungguh luar biasa,” ungkap Toto Toharudin.

Saka Pariwisata untuk di Kabupaten Kuningan berada dalam pembinaan Bidang Kepemudaan pada Disporapar. Meski baru setahun bergerak, dituturkan Kadisporapar Kuningan, mereka sudah sering membuat kegiatan positif seperti kemah bakti pariwisata, hingga mempromosikan wisata Kuningan.

“Setelah even turnamen futsal, rencananya Saka Pariwisata Kabupaten Kuningan akan mengadakan giat perkemahan yang dalam kegiatannya diisi pelatihan promosi wisata baik secara konvensional dan digital seperti diasah skill juga teknik menjadi content creator,” tukasnya.

“Yang mana akan didukung penuh oleh akademisi Unpad Bapak Ade Kadarisman, beliau lulusan perguruan tinggi Prancis, asli kelahiran Kuningan,” tambah Toto.

Sementara itu, Kabid Kepemudaan Disporapar Kabupaten Kuningan Muhammad Tofa, didampingi Kasi Penyadaran dan Pemberdayaan Pemuda, Ono Harsono, mengatakan, tercatat anggota Saka Pariwisata Cabang Kabupaten Kuningan sebanyak 200 orang lebih, yang terdiri dari berbagai sekolah.

“Saka Pariwisata Cabang Kabupaten Kuningan diketuai Teguh Roisul Parik,” sebutnya.

Saka Pariwisata ini fokus dalam pembinaan, pengembangan hingga pemberdayaan kaum milenial, khususnya ditempa untuk dapat mencintai pariwisata daerah.

Para anggotanya yang juga merupakan anggota Pramuka, dengan bekal disiplin kepanduan diharapkan mampu mempromosikan daya tarik sektor pariwisata Kabupaten Kuningan yang terkenal dengan destinasi alamnya.***

Baca juga berita-berita menarik Dialektika.id dengan klik Google News.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *