Hari Pertama, KPU Kuningan Verifikasi Faktual di Lima Parpol

KPU Kabupaten Kuningan Saat Melakukan Verifikasi Faktual Kepengurusan, Keterwakilan Perempuan dan Domisili Kantor Parpol Calon Peserta Pemilu 2024 di Kantor Sekretariat Partai Buruh Kabupaten Kuningan.*
KPU Kabupaten Kuningan Saat Melakukan Verifikasi Faktual Kepengurusan, Keterwakilan Perempuan dan Domisili Kantor Parpol Calon Peserta Pemilu 2024 di Kantor Sekretariat Partai Buruh Kabupaten Kuningan.*

DIALEKTIKA — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, memulai verifikasi faktual tahap pertama pada Senin, 17 Oktober 2022.

Total, ada sebanyak lima Partai Politik (Parpol) pada hari pertama yang mengikuti verifikasi faktual secara langsung oleh KPU Kuningan.

Adapun yang menjadi fokus utama dalam verifikasi faktual tahap pertama adalah kepengurusan, keterwakilan perempuan dan domisili kantor Parpol calon peserta Pemilu 2024.

“Hari ini KPU Kuningan, melakukan verifikasi faktual terhadap partai politik perihal kepengurusan dan keterwakilan perempuan sebanyak 30 persen serta domisili kantor partai politik. Dimana hari ini dijadwalkan lima partai politik dengan datang langsung ke kantor partai politik,” ungkap Ketua Divisi Teknis KPU Kuningan, Maman Sulaleman, Senin 17 Oktober 2022.

Pada hari pertama, KPU Kuningan melakukan verifikasi faktual kepengurusan terhadap lima parpol diantaranya Partai Buruh, Partai Garuda, Partai Gelora Indonesia, Partai Kebangkitan Nasional dan Partai Ummat.

Maman mengungkapkan, pihaknya menargetkan dalam dua hari ini ada sebanyak sembilan parpol calon peserta Pemilu 2024 yang mengikuti verifikasi faktual oleh KPU dan Bawaslu Kuningan.

“Pekan ini, mudah-mudahan dalam dua hari ini ada sembilan partai politik dari senin sampai selasa bisa selesai. Nanti hari rabu bisa langsung verifikasi keanggotaan partai politik secara door to door dengan langsung datang ke rumah yang menjadi sampling partai politik,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Maman mengingatkan kepada para parpol calon peserta Pemilu 2024 untuk lebih mempersiapkan penunjang verifikasi faktual.

“Diharapkan partai politik ke depan lebih siap dalam menghadapi proses verifikasi faktual bukan hanya menyiapkan kondisi kantor, bagaimana kantor ini fungsi sebagai tempat berkumpulnya para pengurus dengan dilengkapi berbagai fasilitas penunjang,” harapnya.***

Baca juga berita-berita menarik Dialektika.id dengan klik Google News.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *