Dukung Program ‘Bantul Bersama’ 2025, KKN UAD Gelar Sosialisasi Pengolahan Sampah di Pedukuhan Gempolan

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Unit II.A.1, Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta menggelar sosialisasi pengolahan sampah kepada masyarakat Pedukuhan Gempolan, Kapanewon Bantul, Yogyakarta.*
Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Unit II.A.1, Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta menggelar sosialisasi pengolahan sampah kepada masyarakat Pedukuhan Gempolan, Kapanewon Bantul, Yogyakarta.*

DIALEKTIKA— Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta yang tengah melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Unit II.A.1, menggelar sosialisasi pengolahan sampah pada Kamis, 18 Agustus 2022.

Berlangsung di Pedukuhan Gempolan, Kapanewon Bantul, Yogyakarta. Pada sosialisasi ini, mahasiswa KKN UAD Unit II.A.1 mengundang Syahid Adam sebagai pemateri dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bantul.

Setidaknya, terdapat tiga metode pengelohan sampah yang difokuskan kepada masyarakat Gempolan yakni ember tumpuk, pipa lodong sisa dapur (Losida) dan Compost Bag.

Ketua KKN UAD Unit II.A.1 George Soros Setiawan menuturkan, kelompok KKN UAD Unit II.A.1 sengaja memilih tiga metode itu untuk disosialisasikan kepada masyarakat di Pedukuhan Gempolan.

Hal tersebut tidak terlepas dari alat dan bahan yang mudah didapat, serta sangat mudah di implementasikan oleh masyarakaat.

Selain menjadi program KKN UAD Reguler 96 Unit II.A.1, Soros menyebut bahwa kegiatan sosialisasi pengolahan sampah dengan tiga metode itu menjadi bukti nyata peran mahasiswa dalam mendukung proram Bantul Bersih Sampah (Bersama) Tahun 2025.

masyarakat Pedukuhan Gempo,Bantul antusias mengikuti sosialisasi pengolahan sampah.*

Sosialisasi pengelolaan sampah yang digelar oleh mahasiswa KKN UAD Unit II.A.1 pun mendapat apresiasi dari masyarakat Pedukuhan Gempolan.

“Alhamdulillah, masyarakat Pedukuhan Gempolan sangat antusias mengikuti sosialisasi ini. Terutama ibu-ibu,” ungkapnya.

Melihat antusias dari masyarakat yang cukup tinggi, para mahasiswa KKN UAD berharap, masyarakat di Pedukuhan Gempolan bisa menjadi pelopor dalam pengelolaan sampah di tingkat kelurahan hingga Kabupaten Bantul.

“Semoga dengan adanya sosialisasi ini bisa membantu masyarakat dalam melaksanakan serta mempraktekan pengolahan sampah yang baik dan sesuai dengan prosedur yang berlaku,” harapnya.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *