Niat Puasa Tasua dan Niat Puasa Asyura, Simak Juga Faedah dan Keutamaannya

Bacaan niat Puasa Tasua dan niat Puasa Asyura di bulan Muharram, lengkap dengan pemaparan faedah dan keutamaan amalan sunnah Puasa Muharram.
Bacaan niat Puasa Tasua dan niat Puasa Asyura di bulan Muharram, lengkap dengan pemaparan faedah dan keutamaan amalan sunnah Puasa Muharram.* (Foto ilustrasi/Source: Pixabay)

DIALEKTIKA — Nabi Besar Muhammad, Rasulullah SAW memberikan keteladanan kepada umat Muslim dengan senantiasa menjalankan dua amalan puasa sunah kala memasuki 10 hari pertama bulan Muharram.

Seraya itu, umat Islam bisa menteladani amalan Rasulullah SAW tersebut dengan melaksanakan Puasa Tasua pada tanggal 9 Muharram dan Puasa Asyura pada 10 Muharram, sebagaimana disunnahkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Memasuki 10 hari pertama Bulan Muharram 1444 Hijriah, Puasa Tasua dilaksanakan yakni pada hari Minggu, 7 Agustus 2022. Dan, untuk Puasa Asyura berikutnya bisa dijalankan besok harinya, Senin 8 Agustus 2022.

Dilansirdari laman NU Online, dari sisi sejarah Puasa Asyura sudah dijalankan umat Yahudi sejak dahulu kala sebelum datangnya agama Islam.

Di mana kala itu, Nabi Muhammad SAW setelah dirinya hijrah dari Makkah ke Madinah mendapati kaum Yahudi tengah menlaksanakan puasa pada hari Asyura.

Oleh karena itu, Rasulullah SAW pun memerintahkan para sahabat untuk berpuasa Asyura.

Dari sahabat Abdullah bin Abbas r.a. beliau berkata: “Tatkala Nabi Muhammad SAW datang ke kota Madinah, beliau mendapati kaum Yahudi sedang berpuasa di hari Asyura, lantas beliau bersabda kepada mereka, ‘Hari apa yang kalian sedang berpuasa ini?’”

Lantas mereka menjawab: “Hari ini adalah hari yang agung. Allah menyelamatkan Musa dan kaumnya pada hari ini dan menenggelamkan Fir’aun beserta pasukannya. Maka Musa berpuasa pada hari ini sebagai rasa syukur dan kami turut berpuasa.’ Maka Rasulullah SAW bersabda, ‘Maka kami dengan Musa lebih berhak dan lebih utama daripada kalian.’ Maka Rasulullah SAW berpuasa dan memerintahkan berpuasa.” HR Bukhari dan Muslim.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *