Sosial  

Waspada! Menhub Prediksi 47 Persen Pemudik Lebaran 2022 Menggunakan Jalur Darat

Waspada! Menhub Prediksi 47 Persen Pemudik Lebaran Tahun 2022 Menggunakan Jalur Darat.*
Waspada! Menhub Prediksi 47 Persen Pemudik Lebaran Tahun 2022 Menggunakan Jalur Darat.*

DIALEKTIKA — Menteri Perhubungan Budi Karya Sumardi memprediksi, sebanyak 85,5 juta orang bakal melakukan perjalanan mudik lebaran tahun 2022.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 47 persen diantaranya akan menggunakan jalur darat baik itu kendaraan pribadi (mobil dan sepeda motor) maupun angkutan umum seperti bus.

Prediksi lonjakan pemudik didapat Menhub, dari hasil survey Balitbanghub. Hal tersebut menunjukan bahwa sektor darat menjadi sektor yang paling krusial untuk ditangani.

Selain itu, jumlah pemudik juga diperkirakan akan meningkat 45 persen dibandingkan tahun 2019 sebelum pandemi Covid-19.

Hal tersebut disampaikan Menhub Budi Karya Sumardi saat melakukan inspeksi ke Terminal Tipe A Kampung Rambutan, Jakarta Timur pada Minggu, 17 April 2022.

Dalam inspeksinya itu, Menhub memastikan kelayakan armada bus yang beroperasi dan kesehatan pengemudi bus jelang arus mudik lebaran tahun 2022.

Pada saat inspeksi, Menhub juga melakukan video conference dengan para pengelola Terminal Tipe A di seluruh Indonesia dan para operator/perusahaan oto bus.

Menhub menekankan, selain aspek kesehatan, aspek keselamatan juga harus menjadi perhatian utama.

“Saya minta armada bus sudah dilakukan ramp check dan pengemudinya juga sudah diperiksa kesehatannya. Keduanya mesti sehat,” kata Menhub dilansir dari laman resmi Kementerian Perhubungan.

Untuk pemudik yang bakal melakukan perjalanan dari Jabodetabek diperkirakan bakal mencapai 14,3 juta orang.

“Dengan koordinasi yang intensif dan bertanggung jawab, Insyallah kita bisa mempersiapkan mudik tahun ini dengan baik,” ujar Menhub.

Melihat tingginya animo masyarakat untuk mudik, Menhub kemudian mengimbau masyarakat untuk melakukan perjalanan lebih awal.

Hal itu bertujuan untuk menghindari kepadatan di hari puncak arus mudik.

“Lakukanlah perjalanan lebih awal sekitar tanggal 25-27 April 2022 dan menghindari berangkat di tanggal 28-29 April 2022 yang diprediksi menjadi puncak mudik ini dilakukan agar pergerakan lebih tersebar dan mengurangi kepadatan di satu hari tertentu,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Menhub mengimbau masyarakat agar tidak melakukan perjalanan jarak jauh menggunakan sepeda motor, karena sangat membahayakan keselamatan.

Menhub kemudian meminta masyarakat untuk memanfaatkan program mudik gratis yang diselenggarakan pemerintah, BUMN maupun swasta.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *