Berita  

Begini Peringatan ‘Mieling Poe Basa Indung Sadunya’ di Kabupaten Kuningan

Peringatan Mieling Poe Basa Indung Sadunya, Pemkab Kuningan berikan penghargaan kepada sejumlah tokoh pelestari bahasa dan budaya Sunda.
Peringatan Mieling Poe Basa Indung Sadunya, Pemkab Kuningan berikan penghargaan kepada sejumlah tokoh pelestari bahasa dan budaya Sunda.*

DIALEKTIKA — Mieling Poe Basa Indung Sadunya adalah peringatan ‘Hari Bahasa Ibu Internasional’ yang biasa dilaksanakan setiap 21 Februari 2022.

Upaya pelestarian eksistensi bahasa daerah sedunia ini sesuai ketetapak UNESCO, pada 17 November 1999.

Mieling Poe Basa Indung Sadunya menjadi sangat penting peringatannya sekarang ini, untuk menghalau imbas negatif dari kemutakhiran teknologi komunikasi dan informatika era digital, khususnya di Indonesia agar masyarakat tidak tergerus oleh hegemoni bahasa asing.

Dengan segala platform digital hadir memakai bahasa asing, jangan sampai bahasa daerah tidak lagi punya peran strategis dalam pembangunan.

Bagaimana pun, bahasa daerah merupakan warisan budaya atau kearifan lokal yang harus dijaga dan dikembangkan.

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Kuningan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) dan Dewan Kesenian dan Kebudayaan Kuningan (DKBK), menggelar peringatan Mieling Poe Basa Indung Sadunya.

Kegiatannya diisi dengan menyelenggarakan even ‘Malam Anugerah Budaya’ dengan memberikan penghargaan kераdа tіgа lеgеndаrіѕ budауаwаn asli Kabupaten Kuningan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *