Kokoh Puncaki Klasemen, Akhirnya Jabar Juara Umum PON Papua, Tuan Rumah Dulang Emas dari Cabang Paling Bergengsi

Ridwan Kamil
Jabar Juara PON Papua setelah hampir dua pekan memuncaki klasemen perolehan medali.*

DIALEKTIKA — Setelah hampir dua pekan kontingen Jawa Barat kokoh memuncaki klasemen perolehan medali PON Papua, Kamis 14 Oktober 2021, memastikan bahwa Jabar Juara PON XX Papua.

Jika di pagi harinya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengunggah di akun Instagram pribadinya, mengatakan Jabar membutuhkan 3 medali emas lagi untuk jadi Jabar Juara umum di PON Papua.

Dan, malam ini kontingen Jawa Barat memastikan diri keluar sebagai juara umum setelah berhasil meraih 133 medali emas, 105 medali perak dan 115 medali perunggu.

Perjuangan para atlet dari tanah Pasundan ini patut diacungi jempol. Karena di awal pertandingan PON Papua harus berjibaku di papan tengah klasemen.

Namun, berkat kegigihan seluruh atlet, official, unsur pemerintahan, hingga para suporter yang memberikan dukungan dan doa terbaik, kontingen Jabar mampu menyalip saingan terberatnya yakni tuan rumah Papua, DKI Jakarta dan Jawa Timur, sampai jelang akhir mampu kokoh di puncak klasemen perolehan medali tanpa tertandingi lagi.

Di posisi kedua PON Papua ditempati kontingen DKI Jakarta, dan posisi ketiga diduduki Jawa Timur, walau kedua tim ini menyabet perolehan medali emas yang sama, yaitu 110 buah. Hanya saja terpaut selisih raihan mdali perak dan perunggu.

Lengkapnya, DKI Jakarta mendapatkan 110 emas, 91 perak, dan 100 perunggu. Sedangkan Jatim, memperoleh 110 emas, 89 perak, dan 88 perunggu.

Sementara itu, tuan rumah Papua walau tidak tampil sebagai juara umum PON. Tapi mampu mendulang medali emas dari cabang olah raga paling bergengsi dalam helaran Pekan Olahraga Nasional, yakni cabor sepak bola putra.

Di partai final sepak bola PON Papua ini, tuan rumah mampu membekuk tim Aceh dua gol tanpa balas.

Raihan medali emas PON dari cabang sepak bola bagi Papua menjadi yang ketiga kalinya, setelah sebelumnya mampu menyabetnya di PON Jakarta 1993 dan PON Sumatera Selatan 2004.

Adapun perolehan medali PON Papua kontingen tuan rumah hingga Kamis (14/10/2021) pukul 23.00 WIT, mencatatkan torehan 93 medali emas, 66 medali perak, dan 102 medali perunggu.

Kemudian di bawahnya ada kontingen Bali yang mengemas 28 medali emas, 25 medali perak, dan 53 medali perunggu.

Gelaran PON Papua yang dimulai 27 September 2021 lalu, dengan pembukaannya langsung oleh Presiden Indonesia Joko Widodo, di Stadion Lukas Enembe, Jayapura.

Rencananya, Jumat 15 Oktober 2021, PON XX Papua akan resmi ditutup oleh Wakil Presiden Indonesia, Ma’ruf Amin, di tempat yang sama.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *